Lisensi Android Dicabut, Haruskah Huawei Anda Dijual?

Rabu, 08 Mei 2019

Lisensi Android Dicabut, Haruskah Huawei Anda Dijual?



Belakangan, buntut Administrasi presiden Trump memasukkan Huawei ke daftar hitam Departemen Perdagangan AS, Huawei kehilangan lisensi Android.

Hal ini dikarenakan perusahaan yang masuk daftar hitam tersebut tak bisa melakukan bisnis dengan perusahaan AS.

Deretan perusahaan AS ini termasuk Android yang merupakan produk Google, yang kita tahu adalah perusahaan asal AS. Selebihnya, terdapat Qualcomm dan Intel untuk pasokan chip, dan masih banyak perusahaan AS lainnya.

Dengan ini, sudah banyak sekali orang yang menjual perangkat Huawei miliknya, karena dipastikan ke depannya tidak akan ada pembaruan Android Q ataupun pembaruan keamanan.

Apakah Anda juga harus menjual perangkat Anda? Tunggu dulu. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Paling baik adalah menunggu kabar lebih lanjut.

Pasalnya, Huawei sendiri mengutip laman Android Authority, menyebut bahwa mereka akan terus menyediakan pembaruan keamanan dan layanan purna jual untuk semua produk smartphone serta tablet Huawei, dan tak lupa Honor, yang kini telah dijual dan masih tersedia secara global.

Sehingga, pembaruan versi Huawei untuk perangkat yang telah ada di rak toko, ritel, atau e-commerce, mungkin masih akan muncul meskipun pembaruan ini mungkin bukan besutan Google.

Kedua, Departemen Perdagangan AS membuat lisensi sementara dengan durasi 90 hari yang mengembalikan hak Huawei untuk mendapatkan pembaharuan Android. Namun tak bisa dipastikan, pasca 90 hari tersebut pembaharuan ini bisa didapatkan kembali atau tidak.

Ketiga, diharapkan Huawei bisa bernegosiasi dengan pemerintah AS, khususnya administrasi Trump, agar permasalahan ini bisa ditangguhkan kurang dari 90 hari.

Mengingat berbagai sentimen yang dilayangkan administrasi Trump terhadap Huawei, terutama soal modifikasi atau pencurian informasi, serta spionase yang tak terdeteksi, harusnya Huawei memiliki cukup bukti untuk membuktikan ketidakbenaran tuduhan tersebut. Serta Huawei juga dapat memberikan jaminan keamanan dan enkripsi ketika perangkatnya digunakan secara luas di AS.

Nah, dengan sedikit keberuntungan, kita bisa berharap banyak kalau lisensi Android akan kembali lagi ke tangan Huawei. Selain itu, tentu jika Anda menjual perangkat Huawei Anda sekarang, harga akan jatuh karena kepastian untuk memiliki Android masih belum jelas.

0 komentar :

Posting Komentar