5 Tips Manajemen Kendaraan yang Efektif Ala Astra FMS

Jumat, 18 Oktober 2019

5 Tips Manajemen Kendaraan yang Efektif Ala Astra FMS


C:\Users\maria.WEBARQ\Pictures\SERA\FMS.jpg

Baik buruknya manajemen kendaraan suatu perusahaan dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk salah satunya jumlah kendaraan. Namun bagi perusahaan profesional, berapapun jumlah armada yang dioperasikan tidak akan mempengaruhi manajemen keuangan selama dikelola secara benar.
Mengelola manajemen kendaraan mungkin tidak begitu sulit, terlebih jika perusahaan hanya mengoperasikan kendaraan di bawah 20 unit. Namun jika kendaraan berjumlah ratusan, sudah pasti membutuhkan sistem manajemen kendaraan yang benar-benar profesional.
Untuk menjaga manajemen kendaraan di perusahaan Anda agar lebih efektif dan fungsional, berikut ini tipsnya.

1. Tunjuk Penanggung Jawab Aset Profesional

Banyak hal yang harus dikerjakan pada bisnis Anda sehingga ada beberapa elemen yang tidak bisa dikontrol dengan baik, salah satunya manajemen kendaraan perusahaan. Untuk itu sebaiknya Anda tunjuk seorang karyawan yang handal dan profesional sebagai penanggung jawab seluruh aset kendaraan.
Jika perusahaan berskala kecil atau menengah, cukup tunjuk satu atau dua orang. Sebaliknya jika bisnis yang Anda kelola berskala besar, bentuk tim khusus yang terdiri dari beberapa orang untuk meng-handle manajemen kendaraan.
Untuk membantu pengelolaannya Anda bisa gunakan produk Astra FMS supaya lebih leluasa memantau aktivitas kendaraan dan driver-nya selama beroperasi di lapangan. Anda dan tim Anda cukup memonitor tanpa harus melakukan pengecekan satu persatu kondisi kendaraan.

2. Perhatikan dan Pahami Siklus Hidup Kendaraan

Untuk manajemen kendaraan yang sehat biasakan untuk memahami siklus hidup aset kendaraan Anda. Perhatikan mulai dari membeli sampai ketika sudah tidak bisa dioperasikan lagi. Perkirakan berapa lama waktu rata-rata penggunaan kendaraan tersebut. Dengan cara ini Anda lebih mudah menentukan kapan waktunya untuk maintenance
Berbekal estimasi siklus hidup kendaraan, kedepannya Anda akan lebih bijak dalam melakukan pembelian. Misalnya Anda bisa memilih jenis kendaraan yang umur pakainya lebih lama meskipun dari sisi harga sedikit lebih tinggi.

3. Asset Tracking

Jika tidak dilakukan pengecekan kendaraan secara rutin maka kondisi finansial perusahaan akan terganggu. Mengapa bisa demikian?
In kerana Anda diwajibkan membayar beban yang cukup besar misalnya pembayaran pajak, pemeliharaan, asuransi dan sebagainya. Anda diharuskan membayar semua itu untuk kendaraan yang mungkin kondisinya sudah terdepresiasi. 
Oleh sebab itu kondisi kendaraan harus di cek secara berkala. Pastikan tidak ada kerusakan parah yang justru bisa mereduksi keuangan. Disini jika Anda kesulitan melakukan tracking kendaraan, Astra FMS siap membantu untuk memastikan kondisi semua kendaraan Anda. 

4. Mengetahui Depresiasi Aset Kendaraan

Depresiasi atau penyusutan aset kendaraan sangat penting untuk Anda ketahui. Segera inventarisir kendaraan mana saja yang sudah tidak layak dioperasikan lalu cari tahu apa penyebabnya. 
Ada kemungkinan beberapa kendaraan Anda bermasalah namun tetap dipaksa dioperasikan oleh karyawan sehingga menghambat produktivitas kerja. Untuk itu lakukan kalkulasi depresiasi secara rutin sehingga Anda tahu kendaraan mana saja yang sudah tidak layak digunakan. Dengan demikian Anda bisa menentukan waktu terbaik untuk membeli armada baru.

5. Manajemen Aset Otomatis

Tidak mudah mengelola kendaraan secara manual, terlebih jika jumlahnya sangat banyak. Dibutuhkan banyak waktu, biaya, bahkan tenaga yang kadang hasilnya kurang memuaskan.
Untuk mengoptimalkan manajemen kendaraan, tidak ada salahnya Anda pilih opsi yang lain yaitu manajemen kendaraan otomatis. Untuk kebutuhan yang satu ini solusi paling tepat hanya Astra FMS. Astra FMS akan merekam setiap aktivitas kendaraan dalam bentuk data sehingga Anda bisa mengetahui dengan cepat bila ada bagian yang perlu perbaikan. 
Bukan hanya itu, produk Astra FMS juga mampu mengirimkan data terkait aktivitas driver selama mengemudikan kendaraan misalnya mengemudi dengan kecepatan terlalu tinggi, mengerem mendadak, manuver ekstrim, atau hal-hal lain yang membahayakan keselamatan kendaraan dan pengemudi. Astra FMS , solusi manajemen kendaraan terbaik di Indonesia. 

0 komentar :

Posting Komentar